#Diet 101 : To Get Healthier and Better

by - July 10, 2017


Bisa dibilang kalo gue itu pecinta makanan. Gue selalu menghargai setiap makanan yang ada. Bahkan sekarang-sekarang ini gue jadi lebih sensitif sama makanan yang banyak micinnya. Padahal dulu makan micin mah sabodo amat. Sekarang langsung mabok. Alhasil, gue pernah kurus dari kecil sampe kelas 3 SD aja. Setelah itu berat gue selalu bertambah. Dulu gue gak peduli sama bagaimana timbunan lemak di tubuh gue. Kata orang, "gapapa gendut yang penting sehat." Tapi dalam case ini, gue malah jadi gendut dan gak sehat. 

Bisa dilihat berapa seringnya gue sakit dan tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari which is really bad. Padahal seharusnya, remaja seusia gue itu memiliki banyak aktivitas yang bermanfaat dan mengukir pengalaman. Tapi tetap aja, gue denial dan mencoba menutup mata. Sampai pada akhirnya banyak orang-orang yang mencemooh gue secara sadar atau enggak. Banyak orang yang underestimate gue hanya karena gue memiliki badan lebih besar daripada yang lain. 

Tidak jarang gue meratapi diri dan mengasihani diri karena itu. Tapi gue bodoh melakukan itu. Well, meratapi diri dan menghasihani diri itu gak akan berpengaruh apapun kepada diri gue selain memberikan dampak depresi dan membenci diri sendiri. Alhasil gak jarang gue starving diri gue sampe akhirnya sakit lagi dan gain weight lagi sampe waktu itu pernah mencapai 74 kilogram. Gaada baju yang muat, kecuali punya Bokap. :")

Gue jadi gak percaya diri. Padahal dulunya gue percaya bahwa orang-orang akan melihat kepribadian gue daripada how I look. Tapi ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar. Gue gak bisa menyalahkan mereka karena gue juga melakukan itu secara tidak sadar. Sampai akhirnya gue berkeinginan untuk berubah. Berubah untuk diri gue sendiri. 

Berubah mungkin terlalu klise dan naif ya? Tapi gue sangat ingin menggeser kebiasaan buruk gue. Kayak misalnya mager jalan, mager minum air, dan mager-mager lainnya. Gue pun membaca beberapa artikel tentang how to change your habit and become better. Di artikel-artikel serta penelitian tersebut dikatakan bahwa kebiasaan manusia akan tercipta ketika melakukan hal yang sama selama 21 hari. Maka dari itu, gue ingin menerapkan mode 21 hari berturut-turut ini ke dalam kehidupan gue. Salah satunya untuk weight loss. 

Puasa kemarin gue turun 3 kilo dengan melakukan olahraga setiap malam. Tapi ya, karena makannya juga gak bener jadi sakit dan naik lagi pas lebaran sampe menjadi ke berat badan awal. Sedih gak? Sedih dong. Padahal baju lebaran udah bisa make ukuran medium :").

Nah, mulai tanggal 10 Juli 2017, gue mau melakukan challenge ke diri gue sendiri untuk membentuk habit dan menjadi pribadi yang aktif. Tapi kadangkan gue butuh penyemangat dan reminder biar gak loyo. Oleh karena itu, gue pengennya para pembaca di blog ini juga menjadi bagian dari perubahan gue. Enggak tahu sih bakalan berhasil apa enggak, tapi seenggaknya gue pengen coba bareng kalian. 

Apa aja sih habit yang mau gue bentuk kali ini? Nah ini dia :
  1. Eat less rice ->  ganti ke ubi atau kentang.
  2. Eat more vegetables and fruit
  3. Eat less gorengan (this is the hardest part guys)
  4. Eat more protein and fiber
  5. Give your bacteria food and enhance it with probiotic
  6. Drink lots of water (minimal 2 liter/day)
  7. Olahraga minimal 1 hour (cardio, aerobic or anaerobic)
  8. Cooking instead of buying
  9. Instead of using gojek, try to walk. 
  10. Cut out sugar intake. 
  11. Have good sleep (more than 5 hours).
  12. Be kind, happy, and modest.
  13. Positive thinking
  14. Baca buku minimal 1
Nah, ini adalah habit yang ingin gue bentuk. Sekali lagi, gue gak tau hal ini bakalan berhasil apa enggak. I have no guarantee at all. So I will posting everyday with honest opinion and experience in this blog.

So let's take this ride with me!

Cheers. 

You May Also Like

23 comments

  1. Duh buat mulai kaya gini bakal susah banget. Aku pernah nyobain dan berat banget, godaannya bejibun oyyyy. Semangat Yasa semoga sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Well, godaan atau enggak sih tergantung orangnya. Tapi godaan yang paling haqiqi adalah indomie goreng :")

      Delete
  2. Semangat, Miftah!!!
    Aku masih males nih untuk memulai hidup sehat, lagi senang-senangnya menikmati makanan. Maklum, lhampir 30 tahun aku justru males makan dan super kurus (yang ga sehat). Tapi sadar, suatu saat bakal harus memperbaiki gaya hidup untuk sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inget Sore: Istri dari Masa Depan Teh Dian :")

      Delete
  3. Butuh tekad dan kemauan yang kuat, banyak godaan makanan nikmat yang minta dicicipi. Demi hidup yang lebih sehat, pasti bisa mengabaikan godaan yang datang.

    ReplyDelete
  4. Harus diawali dengan semangat supaya nggak terasa terlalu beban. Mudah-mudahan sukses ya dietnya dan jaga kesehatannya, Miftah!
    Bener juga sih sebenernya lebih penting sehat. Saran saya, jangan terlalu memforsir usaha dengan nahan lapar supaya ngga mag, ngga ambruk. Makan sedikit tapi agak sering, mungkin? Kalau bisa food combining, konten vitamin yang penting bakal lebih bagus buat badan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku makan sering malah tambah gemuk, kuudah nyobaik mbak :")) tapi kalo ini gak nahan lapar kok :") Food combining mah pasti :")

      Delete
  5. Bersamaan dengan ini, aku mau bikin program juga ahh. Program buat naikin berat badan, agak gemuk tapi sehat.
    Coba itu daging yg di tubuh miftah bisa dioper ke aku aja deh.
    Jadi kan berat badan kamu turun, berat badan aku jadi nambah. Wkkwkw
    Semangat miftah. Diet untuk lebih sehat :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan nambah lemak, muscle ajaaaa wkwkwk :")

      Delete
  6. Beneeeerrr....
    Aku juga sedang berusaha diet, Mifta...

    Malu banget kalo dibilang, gak bisa kurus.
    Rasanya pingin buktiin...kalo aku bisa kaya dulu.

    Fightiiing, chingu!

    ReplyDelete
  7. Semangat Mifta!
    Aku juga pengin hidup sehat, melihat timbangan yang beranjak naik pelan2. >.<
    Penginnya olahraga tiap pagi, sesederhana home workout. Soalnya punya anak, suka males ninggal anak jauh2 untuk ngegym.
    Tapi-tapi, itu menguap rencana doang. Praktiknya nol besar.
    Karena seringnya bangun mepet2, jadinya pagi2 selalu buru2, dan enggak sempet olahraga.
    Huhuhuhu...

    Semoga aku juga istiqomah untuk menjalani Healthy Challenge-ku yaa..

    ReplyDelete
  8. Mif, I think I need this thoo. It feels like I eat too carefree lately. Kamu udah coba GM dietkah? Kalau udah share di blog juga ya. Aku mau coba diet itu ehe

    ReplyDelete
  9. Aku sampe sekarang Masih masa bodo sama micin. Makan ya Makan aja hahaha
    Pengen merubah gaya hidup emang harus dari diri sendiri biar lebih niat Dan lebih puas dengan hasilnya.

    ReplyDelete
  10. Kemarin aku udah ngurangin ini itu, banyakin bush dan minum. Hasilnya ternyata gak turun tp naik dikit. Mungkin olahragaku yg kurang. Sukanya bobok, ckckkck

    oh ya, baca buku 1/21 hari gitu?

    ReplyDelete
  11. Dulu saya kurus, sekarang gemukan. Maunya diet, tapi ini dulu jawaban doa pas minta gemuk. Usahain tetap jaga kesehatan aja deh

    ReplyDelete
  12. hmm.. susah ya sepertinya. bagi gue sih .. tapi pengen juga nyoba diet ala kita sendiri ya.

    ReplyDelete
  13. Semangat kak
    Menjadi sehat memang tak mudah
    Tapi kalau udah sehat hidup jadi bahagia sih hehe

    ReplyDelete
  14. Semangat mba .. semoga diet dan sehat selalu..
    Saya udah sebulan gak makan nasi diganti roti gandum atau kentang rebus mba.. lmyn tanpa olahraga berat (cm jalan kaki) bs turun 3 kg jg

    ReplyDelete
  15. Suamiku doyan makan dan akhirnya memutuskan diet. ALhamdulillah bisa kurus dan yg penting sehat. DUlu sblm diet suka pusing alau kerja lembur, skrng udah gak lagi.
    Jd diet dgn niat spy sehat bagus, dpt tubuh ok itu bonusnya ya :D

    ReplyDelete
  16. aku mau ngomong apa ya? yang penting sekarang kesehatan itu memang harus kita sendiri yang menjaga. ngga bisa ngarepin orang lain

    ReplyDelete
  17. konsumsi kentang juga bisa mengenyangkan perut loh. saya pernah coba selama 1 - 2 bulan makannya kentang well turun sih berat badan akan tetapi, pas bulan ke 3 datanglah sebuah cobaan dan godaan dengan makanan gratis dari temen hahahaha jadi makan terus dah

    ReplyDelete
  18. Aku malah merasa kehilangan sedikit berat badanku tanpa aku rencanakan karena beberapa hari ini diserang diare yang benar-benar bikin hariku gak nyaman karena banyak task yang terlewat atau mundur gak bisa aku kerjakan. Hhh. Semangat, Mip! Aku setuju, ngurangin gorengan itu memang sangat ng... sulit. Aku juga sebetulnya mau menerapkan konsep 21 hari itu pada kebiasaan bikin lettering, sempat coba beberapa hari. Tapi kayaknya lagi gak tepat kalau aku lakukan sekarang. Jadi, mundur dulu. Hahaha.

    ReplyDelete

The World of Ghibli Exhibition:Main Bareng Bersana Totoro dan Teman-Teman!

Selain ceriwis dan drama kolosal dengan naga buatan yang sangat kentara banget fananya, film animasi juga mengambil bagian dalam hidup ...